Selasa, 11 Januari 2011

APAKAH SENTRA BELAJAR ITU?

Sentra berasal dari kata centre yang artinya pusat.

Sentra belajar merupakan satu sistem pengelolaan kelas yang terpusat  pada satu kegiatan yang ditangani oleh satu orang guru secara khusus. 

Sistem  sentra menganut prinsip-prinsip dasar pemikiran teori Jean Piaget yaitu :
“Anak-anak hendaknya dapat melakukan percobaan sendiri, penelitian sendiri. Guru dapat mengarahkan mereka dengan menyediakan alat-alat yang tepat. Tetapi yang paling mendasar adalah bahwa anak mengerti tentang sesuatu. Anak harus membangun dirinya dan menemukan dirinya."

Dalam rangka membuat kelas yang sesuai dengan perkembangan anak, sentra dimana anak melakukan aktifitas menjadi penting. Ingatlah bahwa bermain merupakan cara utama dan merupakan indikator pertumbuhan mentalnya. Jadi kebanyakan sentra memang merangsang anak untuk bermain (sambil belajar) dengan berbagai materi serta alat permainan yang sesuai dengan masing-masing anak dan kelompok.

Area belajar di sentra didesain untuk memikat anak dan memotivasi mereka melalui interaksi dengan berbagai materi dan alat yang sesuai dengan perkembangan anak. Anak-anak boleh memilih kegiatan yang sesuai dengan minat mereka sehingga pada akhirnya mereka akan menjadi pelajar yang aktif dan interaktif. 

Sentra sebaiknya bukan tempat aktifitas dimana anak mengerjakan tugas guru. Sentra juga sebaiknya tidak menjadi tempat yang penuh instruksi dimana anak bekerja dengan satu orang dewasa yang bertanggung  jawab dan memberi instruksi kepada anak. Sentra sebaiknya dipergunakan untuk mengerjakan aktifitas tenang dan mandiri.

1 komentar:

  1. Maaf kalau boleh tau... ada sumber referensi berupa bukunya tidak? kalau ada judulnya apa dan penulis serta penerbitnya siapa... terima kasih

    BalasHapus